Bahaya Sayur Bayam

Advertisement
Siapa yang tidak kenal dengan sayur yang bernama bayam, sayur satu ini memang terkenal dengan kandungan zat besinya yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai pembentuk sel-sel darah merah. Sehingga dengan mengkonsumsi bayam, kita akan terhindar dari penyakit kurang darah atau yang dikenal dengan anemia. . Zat gizi Bayam per 100 gr bahan Energi (kalori) 36.0 Protein (gr) 3.5 Lemak (gr) 8.5 Karbohidrat (mg) 6.5 Kalsium (mg) Fosfor (mg) Besi (mg) 3.9 Vit A (mg) 6.1 Vit B1 (mg) 0.1 Vit C (mg) 10.0. Selain itu kandungan gizi bayam yaitu serat sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Mengonsumsi bayam secara rutin bisa jadi menghindarkan Anda dari kegemukan. Untuk yang sedang diet, mengonsumsi bayam sangat baik untuk membantu memperlancar diet Anda. Dalam satu porsinya, terdapat 6 gram serat. Hal ini sudah memenuhi 25 persen dari kebutuhan serat untuk tubuh per-harinya. Kandungan gizi bayam yang kaya akan nutrisi juga dapat menurunkan kolesterol, gula darah, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan peredaran darah serta dapat mencegah kanker usus, diabetes, dan gagal ginjal.


Akan tetapi dibalik kehebatan Syaur bayam tahukah anda bahwa tersimpan bahaya yang besar apabila kita salah dalam mengolahnya.

Sebaiknya bayam tidak dipanaskan ulang karena salah satu kandungan gizi bayam yaitu Fe2+ dapat berubah menjadi racun jika teroksidasi dengan Fe3+.

Bayam tidak boleh dimasak lebih dari 5 jam karena senyawa nitrat di dalam bayam akan menjadi racun bagi tubuh sehingga menyebabkan sel darah di dalam tubuh tidak dapat mengikat oksigen yang mengakibatkan sel tubuh kekurangan oksigen. Alih-alih menyehatkan, kandungan gizi bayam tersebut malah bisa membahayakan.

Hindari memasak bayam dengan menggunakan panci aluminium karena zat besi yang ada dalam kandungan bayam akan bereaksi dengan bahan aluminium dan menghasilkan racun. Kandungan gizi bayam akan tidak termanfaatkan dengan baik.

Jadi dibalik kehebatannya sayur bayam menyimpan bahaya jika dalam pemasakannya tidak benar, sekali lagi jangan pernah memanaskan ulang sayur bayam. Semoga bermanfaat. 
 
 
Advertisement

1 komentar:

  1. tapi popeye baik-baik aja gan,walaupun makan bayam terus..??
    ckakakakak

    BalasHapus